Sejarah Singkat



Sejarah Singkat

 

Sekilas tentang OPD Kabupaten Biak Numfor

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor

Sejak tahun 1964 Pembangunan dan Pelayanan Bidang Perdagangan kepada masyarakat telah dilaksanakan oleh Kantor Perekonomian Rakyat Provinsi Irian Barat yang dikoordinir oleh Gubernur Irian Barat.

Pada tahun 1974 status kelembagaan Bidang Perekonomian berubah nama menjadi Kantor Departemen yang secara hinarki Organisasi telah berubah menjadi Instansi Vertikal dari Departemen Perindustrian Republik Indonesia.

Seiring dengan semangat Otonomi Daerah, Pemerintah Daerah,, Pemerintah Pusat telah menyerahkan penyelenggaraan urusan Bidang Perindustrian dan Perdagangan kepada daerah dalam rangka efektifitas dan efesiensi pelayanan. Pada Tahun 1999 sifat kelembagaan Perindustrian dan Perdagangan  berubah dari Lembaga Vertikal menjadi Lembaga Otonom Daerah dengan sebutan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor.

Peraturan Pemerintah tentang pembagian urusan Pemerintah antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota telah mengalami beberapa perubahan. Hal ini menunjukan tekat Pemerintah Pusat untuk meningkatkan peranan Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mengelola Daerahnyasendiriyang dipertegas dengan lahirnya undang-undang yang mengatur tentang Otonomi / kewenangan Daerah. Undang - undangan Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.